Selasa, 26 Oktober 2010

Proses Program Magang Kelompok

1.     Sudah berapa (Rp) Technopreneur yang dihasilkan...??
Jawab : - Untuk saat ini kami belum bisa menghasilkan rupiah, tapi kami akan selalu berusaha, mungkin keberuntungan belum berpihak kepada kami.
2.     Apa saja yg sudah diajarkan....???, Bagaimana hasilnya...???
Jawab : - Kami mengajarkan Mjeni, RPG maker, Sea Journey dan 3D blender, hasilnya : mereka hanya mampu membuat sebuah hasil karya berupa stopmotion     yang dibuat menggunakan lilin yang kami sediakan, masalahnya mereka baru mengenal yang namanya coding2an dan juga tidak adanya media bagi mereka untuk belajar, jadi kita hanya memanfaatkan media yang ada, salah satunya adalah lilin dan kamera yang ada di handphone kami, kami membantu mereka dalam penyelesaian sebuah film stopmotion.
3.    Bagaimana tanggapan pihak sekolah selama magang berlangsung...???
Jawab : - Pihak sekolah selalu menerima kami dengan baik dengan sarana dan prasarana yang ada, kami disediakan 1 buah ruangan yang isinya terdiri dari 1 buah infokus dan pengeras suara. Untuk laptop kami bawa masing-masing. Kepala sekolah dan guru-guru sangat berterima kasih kepada kami karena kami sudah mau menyempatkan diri untuk membagi ilmu kepada anak-anak didik mereka.
4.   Seberapa berperannya program magang ini buat sekolah2 ditempat kalian magang..??  
    Jawab : Cukup berperan, karena dalam proses magang ini kami melibatkan 1 guru TIK yaitu bapak Wawan Ridhwan yang selalu membantu kami dalam menyiapkan segala hal dan beberapa anak-anak didik yang selalu ikut dalam proses pembelajaran yang kami adakan meskipun itu sudah diluar jam sekolah mereka,
5.   Bagaimana antusias para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama mengikuti proses magang ini...??
Jawab : Kebetulan ditempat magang kami, guru-guru tidak ada yang berantusias untuk ikut, hanya 1 guru yaitu bapak Wawan Ridwan selaku guru TIK, itupun hanya kadang-kadang ikut, pelajarannya sangat susah katanya, Untuk siswa-siswinya, dari sembilan kelas yang kami bagi, diantaranya untuk hari senin khusus untuk kelas 3 A,B,C, kemudian selasa untuk kelas D,E,F selanjutnya hari rabu untuk kelas G, H, I hanya ada beberapa siswa yang hadir (maksudnya tidak semua hadir), itupun dikarenakan mereka ada yang ikut kegiatan ekstrakurikuler basket, karate, kerja kelompok dll, dan kami juga tidak mau menggangu jam pelajaran mereka, kami hanya mengajarkan berapa saja yang mau ikut.
6.    Bagaimana cara kalian mengatasi keterbatasan2 yang ada dalam proses magang ini..??
Jawab : Dalam magang ini kami hanya menggunakan laptop yang kami bawa kemudian infokus dan pengeras suara. Kami membuat sistem belajar seperti halnya seminar atau persentasi tentang pengenalan produk, kami memberikan persentasi untuk materi yang akan dibahas dan siswa hanya duduk   didepan kami untuk mendengarkan dan sesekali mereka bertanya dan mencatat hal yang mungkin dianggap penting. Sesekali kami ajak mereka belajar sambil bermain, kami mainkan game Sea Journey yang telah kami sediakan, dan itu cukup membuat siswa tidak jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran.
7.    Adakah satu tim/ kelompok yang tidak berperan dalam kegiatan KBM dalam proses magang...??? Tolong dijawab sesuai fakta dilapangan jangan hanya tidak enak karena teman
Jawab : Untuk tim kami Smart_ITB kelompok 10, kami selalu melakukan kegiatan magang ber tiga, kami selalu kompak dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok dan memberikan materi pembelajaran kepada siswa pada saat magang, Jika salah satu dari kami tidak bisa hadir itupun sudah dilengkapi dengan keterangan yang sangat jelas, seperti halnya sakit, dan kamipun menanggapi dengan baik.
8.   Dalam proses magang, siasat/ strategi apa yang kalian terapkan  dalam proses magang terutama dalam pengajaran kepada para siswa/siswi...???
Jawab : Untuk strategi kami dalam proses pembelajaran kepada para siswa adalah kami menerapkan sistem bermain sambil belajar. Dalam proses ini kami ajak mereka masuk kedalam materi yang akan dibahas, dan jika kami lihat mereka sudah jenuh mendengar ocehan kami, (Seperti halnya kami jenuh mendengar ocehan-ocehan guru-guru atau dosen-dosen kami) maka kami ajak mereka bermain. Permainan itupun adalah hasil dari materi yang kami bahas, seperti contoh jika siswanya sudah jenuh kami ajak mereka menyelesaikan game Sea Journey, Kemudian game-game edukasi (pada  saat membahas Mjeni), Kemudian menyelesaikan game RGP yang kami buat (dalam membahas materi RPG Maker), bermain dengan lilin untuk membuat sebuah karakter untuk stopmotion (materi 3D Blender) yang telah kami buat. Merekapun akan merasa senang, karena kami dulu pernah menjadi seorang siswa, jadi kami tahu tampang-tampang mereka jika sudah jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, apalagi melihat teman-teman mereka sudah pulang mendahului mereka, pastinya mereka ingin cepat-cepat pulang juga, dan strategi yang kami buat itu ternyata membuahkan hasil, yang membuat siswa-siswi untuk fokus kepada apa yang kami berikan.
9.    Materi pengajaran apa saja yang disenangi selama proses magang....????
Jawab : Materi yang paling disenangi oleh siswa-siswi adalah waktu pengenalan 3d Blender, karena kami mengajak mereka untuk membuat sebuah film menggunakan lilin, disana mereka bisa berkreasi sesuai dengan kreasi mereka masing-masing, kemudian kami bantu dalam proses rendering.
10.  Berapa produk/ materi yang terselesaikan...?? Tolong dibuatkan back up hasilnya
Jawab : Pada saat magang berlangsung, anak-anak yang berantusias hanya bisa menghasilkan 2 buah film stopmotion yang berdurasi sangat pendek mengunakan lilin, maklumlah mereka masih anak SMP yang tidak mau ambil pusing dalam mengerjakan coding-coding yang kami berikan.
11. Menurut kalian apakah program magang ini bermanfaat/ berguna untuk khalayak ramai baik untuk para sekolah, guru dan para siswa yang diajarkan...??
Jawab : Menurut kami, proses magang seperti ini sangat berguna untuk semua yang terkait didalamnya, karena meskipun mereka tidak bisa untuk membuat apa yang telah dijelaskan, setidaknya mereka tahu apa yang telah kami kenalkan atau kami ajarkan kepada mereka, agar mereka tidak   ketinggalan dan bahkan mungkin mereka yang pertama tahu daripada teman-teman mereka yang lain yang tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran yang kami adakan. Seperti contoh, sekarang mereka sudah tahu apa itu SEAMOLEC, Java, Mjeni, 3D Blender, RPG Maker, Sea Journey, yang mungkin anak-anak seusia mereka belum mengenal apa yang tadi kami sebutkan diatas (untuk tempat magang kami yaitu anak-anak SMP N 1 Tanjungsari) .
12.  Apakah kalian mendapatkan ilmu yang baru..?? Sebutkan.
Jawab : Iya, Kami mendapatkan ilmu dan pengalaman baru tentang bagaimana menjadi seorang pendidik yang baik.
13.  Bagaimana cara kalian menyiasati materi yang belum kalian ketahui dan temukan jawaban pada saat pelaksanaan magang di sekolah2..???
Jawab ;Jika ada salah satu dari anak-anak yang bertanya kepada kami, dan kebetulan kami tidak tahu, kami mencoba mengembalikan pertanyaan kepada mereka dengan memberikan batasan waktu dan selanjutnya kami mencarinya di internet (kami selalu siap siaga dengan terkoneksi ke internet), jika tidak kami temukan juga, kami mencoba menjelaskan dengan bahasa sendiri seadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar