1. Sudah
berapa (Rp) Technopreneur yang dihasilkan...??
Jawab
: - Untuk saat ini kami belum bisa menghasilkan rupiah, tapi kami akan selalu
berusaha, mungkin keberuntungan belum berpihak kepada kami.
2. Apa
saja yg sudah diajarkan....???, Bagaimana hasilnya...???
Jawab
: - Kami mengajarkan Mjeni, RPG maker, Sea Journey dan 3D blender, hasilnya :
mereka hanya mampu membuat sebuah hasil karya berupa stopmotion yang dibuat menggunakan lilin yang kami sediakan,
masalahnya mereka baru mengenal yang namanya coding2an dan juga tidak adanya media bagi mereka untuk belajar, jadi kita hanya
memanfaatkan media yang ada, salah satunya
adalah lilin dan kamera yang ada di
handphone kami, kami membantu mereka dalam penyelesaian sebuah film stopmotion.
3. Bagaimana
tanggapan pihak sekolah selama magang berlangsung...???
Jawab
: - Pihak sekolah selalu menerima kami dengan baik dengan sarana dan prasarana
yang ada, kami disediakan 1 buah ruangan yang isinya terdiri dari 1 buah infokus
dan pengeras suara. Untuk laptop kami bawa masing-masing. Kepala sekolah dan
guru-guru sangat berterima kasih kepada kami karena kami sudah mau menyempatkan
diri untuk membagi ilmu kepada anak-anak didik mereka.
4. Seberapa
berperannya program magang ini buat sekolah2 ditempat kalian magang..??
Jawab : Cukup berperan, karena dalam
proses magang ini kami melibatkan 1 guru TIK yaitu bapak Wawan Ridhwan yang
selalu membantu kami dalam menyiapkan
segala hal dan beberapa anak-anak didik yang selalu ikut dalam proses
pembelajaran yang kami adakan meskipun itu sudah diluar jam sekolah mereka,
5. Bagaimana
antusias para siswa/siswa atau guru2 yang diajarkan selama mengikuti proses
magang ini...??
Jawab
:
Kebetulan ditempat magang kami, guru-guru tidak ada yang berantusias untuk
ikut, hanya 1 guru yaitu bapak Wawan Ridwan selaku guru TIK, itupun hanya
kadang-kadang ikut, pelajarannya sangat susah katanya, Untuk siswa-siswinya,
dari sembilan kelas yang kami bagi, diantaranya untuk hari senin khusus untuk
kelas 3 A,B,C, kemudian selasa untuk kelas D,E,F selanjutnya hari rabu untuk
kelas G, H, I hanya ada beberapa siswa yang hadir (maksudnya tidak semua
hadir), itupun dikarenakan mereka ada yang ikut kegiatan ekstrakurikuler basket, karate, kerja
kelompok dll, dan kami juga tidak mau menggangu jam pelajaran mereka, kami
hanya mengajarkan berapa saja yang mau ikut.
6. Bagaimana
cara kalian mengatasi keterbatasan2 yang ada dalam proses magang ini..??
Jawab
:
Dalam magang ini kami hanya menggunakan laptop yang kami bawa kemudian infokus
dan pengeras suara. Kami membuat sistem belajar seperti halnya seminar atau
persentasi tentang pengenalan produk, kami memberikan persentasi untuk materi
yang akan dibahas dan siswa hanya duduk didepan
kami untuk mendengarkan dan sesekali mereka bertanya dan mencatat hal yang mungkin dianggap
penting. Sesekali kami ajak mereka belajar sambil bermain, kami mainkan game
Sea Journey yang telah kami sediakan, dan itu cukup membuat siswa tidak jenuh
dalam mengikuti proses pembelajaran.
7. Adakah
satu tim/ kelompok yang tidak berperan dalam kegiatan KBM dalam proses
magang...??? Tolong dijawab sesuai fakta dilapangan jangan hanya tidak enak
karena teman
Jawab
:
Untuk tim kami Smart_ITB kelompok 10, kami selalu melakukan kegiatan magang ber
tiga, kami selalu kompak dalam mengerjakan tugas-tugas kelompok dan memberikan
materi pembelajaran kepada siswa pada saat magang, Jika salah satu dari kami tidak
bisa hadir itupun sudah dilengkapi dengan keterangan yang sangat jelas, seperti
halnya sakit, dan kamipun menanggapi dengan baik.
8. Dalam
proses magang, siasat/ strategi apa yang kalian terapkan dalam proses magang terutama dalam pengajaran
kepada para siswa/siswi...???
Jawab
:
Untuk strategi kami dalam proses pembelajaran kepada para siswa adalah kami
menerapkan sistem bermain sambil belajar. Dalam proses ini kami ajak mereka
masuk kedalam materi yang akan dibahas, dan jika kami lihat mereka sudah jenuh
mendengar ocehan kami, (Seperti halnya kami jenuh mendengar ocehan-ocehan guru-guru atau dosen-dosen kami) maka kami
ajak mereka bermain. Permainan itupun adalah hasil dari materi yang kami bahas, seperti contoh jika siswanya
sudah jenuh kami ajak mereka menyelesaikan game Sea Journey, Kemudian game-game
edukasi (pada saat membahas Mjeni),
Kemudian menyelesaikan game RGP yang kami buat (dalam membahas materi RPG
Maker), bermain dengan lilin untuk membuat sebuah
karakter untuk stopmotion (materi 3D Blender) yang telah kami buat. Merekapun akan merasa senang, karena kami dulu pernah menjadi seorang siswa, jadi kami tahu tampang-tampang
mereka jika sudah jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran, apalagi melihat
teman-teman mereka sudah pulang mendahului mereka, pastinya mereka ingin
cepat-cepat pulang juga, dan strategi yang kami buat itu ternyata membuahkan hasil,
yang membuat siswa-siswi untuk fokus kepada apa yang kami berikan.
9. Materi
pengajaran apa saja yang disenangi selama proses magang....????
Jawab
:
Materi yang paling disenangi oleh siswa-siswi adalah waktu pengenalan 3d
Blender, karena kami mengajak mereka untuk membuat sebuah film menggunakan lilin, disana mereka bisa
berkreasi sesuai dengan kreasi mereka masing-masing, kemudian kami bantu dalam
proses rendering.
10. Berapa
produk/ materi yang terselesaikan...?? Tolong dibuatkan back up hasilnya
Jawab
:
Pada saat magang berlangsung, anak-anak yang berantusias hanya bisa
menghasilkan 2 buah film stopmotion yang berdurasi sangat pendek mengunakan
lilin, maklumlah mereka masih anak SMP yang tidak mau ambil pusing dalam
mengerjakan coding-coding yang kami berikan.
11. Menurut
kalian apakah program magang ini bermanfaat/ berguna untuk khalayak ramai baik
untuk para sekolah, guru dan para siswa yang diajarkan...??
Jawab
:
Menurut kami, proses magang seperti ini sangat berguna untuk semua yang terkait
didalamnya, karena meskipun mereka tidak bisa untuk membuat apa yang telah
dijelaskan, setidaknya mereka tahu apa yang telah kami kenalkan atau kami
ajarkan kepada mereka, agar mereka tidak ketinggalan
dan bahkan mungkin mereka yang pertama tahu daripada teman-teman mereka yang
lain yang tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses pembelajaran yang kami
adakan. Seperti contoh, sekarang mereka sudah tahu apa itu SEAMOLEC, Java, Mjeni,
3D Blender, RPG Maker, Sea Journey, yang mungkin anak-anak seusia mereka belum
mengenal apa yang tadi kami sebutkan diatas (untuk tempat magang kami yaitu
anak-anak SMP N 1 Tanjungsari) .
12. Apakah
kalian mendapatkan ilmu yang baru..?? Sebutkan.
Jawab
:
Iya, Kami mendapatkan ilmu dan pengalaman baru tentang bagaimana menjadi seorang
pendidik yang baik.
13. Bagaimana
cara kalian menyiasati materi yang belum kalian ketahui dan temukan jawaban
pada saat pelaksanaan magang di sekolah2..???
Jawab
;Jika ada salah satu dari anak-anak yang bertanya kepada kami, dan kebetulan
kami tidak tahu, kami mencoba mengembalikan pertanyaan kepada mereka dengan
memberikan batasan waktu dan selanjutnya kami mencarinya di internet (kami
selalu siap siaga dengan terkoneksi ke internet), jika tidak kami temukan juga,
kami mencoba menjelaskan dengan bahasa sendiri seadanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar